Tentang Passion

            Gue disini mau cerita tentang passion gue, passion gue itu website, kenapa gue suka seneng banget sama website karena menurut gue website adalah yang paling simple dibuat, paling banyak digunakan oleh orang orang entah itu untuk website dia sendiri, buat bisnis, kantor, sekolah dll, kenapa? Karena website dibutuhkan oleh masyarakat banyak, dari kalangan manapun, tua muda sama saja banyak yang menggunakan website, di jaman modern sepert sekarang ini website dijadikan toko online untuk memudahkan penjualannya contoh seperti bukalapak, tokopedia, blibli dan masih banyak lagi.
            Semenjak kapan gue suka website? Oke disini bakal gue jelasin, dulu kuliah tingkat 2 gue penasaran sama yang namanya adobe dreamweaver, gue coba buka gue gak ngerti itu buat apa aja, gue coba cari di google ternyata dreamweaver digunakan untuk membuat website, klo dulu buat website pake notepad++ sekarang pake dreamweaver, kenapa gue gak pake notepad++? Menurut gue pake notepad++ itu ribet, ribet gimana, ribet klo mau coba running, harus buka browser dulu inilah itulah ribet dah pokoknya.
            Setelah gue coba software yang satu ini ternyata lebih mudah, gak perlu ribet ribet klo running buka browser dulu, disini dreamweaver tampilannya ada 2 code dan design, masih sama seperti notepad++ harus pake codingan tapi klo ini seperti disekat, nulis codingan disebelah kiri, nanti kursor pindah ke kanan maka akan muncul tulisan tersebut, dreamweaver ini selain dipakai buat website bisa juga buat aplikasi android, gue baru tau, gue kira dreamweaver Cuma buat website ternyata aplikasi android juga bisa, okelah lupakan, lanjut. Gue cari tutorial tentang HTML kepanjangannya adalah Hyper Text Markup Language, HTML ini menurut gue yang paling mudah, gampang banget codingannya sampai hafal diluar kepala, beda banget sama codingan aplikasi android yang pake eclipse susahnya pemrograman menggunakan C#.
            Setelah gue cari gue praktek langsung ternyata bisa tanpa error sama sekali, gue belajar 1 bulan, gue coba buat navigasi ituloh yang ada home, profil, news, about, apa itu namanya, terus gue pake background, aslinya harusnya CSS tapi tak apalah namanya juga belajar, gue coba codingan baru, codingan running text, teks yang bisa berjalan, gue suka banget belajar website, yang paling gue gak ngerti cara membuat login, gue coba liat di youtube beda versi, di youtube versi CS3 nah gue pake CS6, setelah gue ngerti itu codingan HTML, gue coba codingan selanjutnya, yaitu PHP, sebenarnya banyak sih codingan website ada HTML, PHP, Javascript, XML, CSS dll, tapi gue belajar satu satu dulu gak bisa sekaligus.
            Lanjut sekarang PHP, ini nih codingan yang paling kesel menurut gue, kenapa? Codingan yang paling susah, gua gagal mulu gara gara dia, error, gak tau lagi gue harus gimana, kenyataan pahit, website tanpa PHP ibarat kopi tanpa gula, gak enak, gak enak diliat, gak enak dipandang, tapi dari semua kegagalan itu, gue coba bangkit, gue coba buat bagaimana caranya agar berhasil, ibarat pengusaha kepengen sukses jatuh terus, coba ratusan kali akhirnya bisa, sukses, gue coba itu codingan sampe berkali kali, tapi dari itu semua ternyata membuat sebuah website saja tidak mudah, PHP itu harus digabung atau di koneksikan dengan XAMPP, klo gak pake itu gak bakalan bisa dibuka, kenapa PHP dan database harus dikoneksikan? Karena kedua bahasa pemrograman tersebut adalah database, semua data masuk ke database contoh seperti login, signup, itu menggunakan PHP dan database, sebenarnya di HTML membuat login tanpa PHP bisa, dengan cara menggunakan Javascript.

            Udah berkali kali gue coba pinjam buku ke temen hasilnya tetap nihil, gak berhasil, gue Tanya temen dia juga gak tau, dari semua kegagalan ini pasti ada jalan keluar buat selesain masalahnya, gue coba pahami lagi dimana letak kesalahannya, klo membuat website harus teliti, gak ada titik koma dikit error, jadi klo menjadi programming itu gak mudah, gak semudah kita lihat, sewaktu dicoba ternyata susah, tapi klo udah jago, itu semua malah jadi cemilan dia sehari hari, klo orang normal cemilannya makanan ringan, klo programming cemilannya codingan. Oke itu dia passion gue, sekian dan Terima Kasih.

Komentar

Postingan Populer